search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemkab Jembrana Serahkan Bantuan Bibit Ayam Petelur ke Dua Kelompok Ternak
Jumat, 6 September 2024, 19:30 WITA Follow
image

Pemkab Jembrana Serahkan Bantuan Bibit Ayam Petelur ke Dua Kelompok Ternak

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Beritabali.com.Jembrana.Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana kembali menyalurkan bantuan bibit hewan ternak kepada dua kelompok ternak di Desa Pengambengan dan Desa Penyaringan. Penyerahan bantuan ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, pada Jumat (6/9/2024).

Bantuan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan usaha ekonomi produktif di sektor peternakan, sejalan dengan program Pemerintah Pusat dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

Bupati Tamba menekankan pentingnya perawatan yang baik terhadap bantuan ternak yang diberikan agar dapat berkelanjutan. Ia juga menambahkan, jika Jembrana mampu memproduksi ayam pedaging secara besar-besaran, kabupaten ini dapat memenuhi kebutuhan pangan terutama menjelang tahun emas 2026/2027 saat Jembrana akan kedatangan banyak tamu.

"Saya berharap bantuan ini bisa dikelola dengan baik, sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh semua anggota kelompok, bukan hanya pengurus saja," ujar Tamba.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan, drh. I Gede Putu Kasthama, menjelaskan  masing-masing kelompok, yang terdiri dari 20 anggota, menerima bantuan 320 ekor bibit ayam petelur beserta peralatan penunjangnya. Total nilai bantuan untuk kedua kelompok tersebut mencapai Rp.187.459.280.

"Hari ini, kami menyerahkan 320 ekor ayam petelur untuk masing-masing kelompok yang terdiri dari 20 anggota. Setiap anggota akan memelihara 16 ekor ayam serta mendapatkan paket kandang, pakan, dan obat-obatan," jelas Kasthama.

Selain bibit ayam, Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana juga memberikan vitamin dan obat-obatan untuk perawatan hewan ternak. Bantuan tersebut mencakup obat pencegah virus, vitamin, antibiotik, serta obat untuk meningkatkan produksi telur.

"Jumlah pakan yang diberikan akan mencukupi kebutuhan selama tiga bulan, sedangkan vitamin dan obat-obatan bisa digunakan hingga ayam mencapai usia produktif maksimal, yaitu sekitar dua tahun," tutup Kasthama.

 

Editor: Edy

Reporter: Humas Jembrana



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami