search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Total 15 Ogoh-ogoh di Jembrana Ikuti Lomba
Kamis, 24 Februari 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Total 15 Ogoh-ogoh di Jembrana Ikuti Lomba.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Perayaan Hari raya Nyepi Tahun 2022 dipastikan dimeriahkan dengan perlombaan ogoh-ogoh. 

Sebanyak 15 buah ogoh-ogoh dari Kecamatan Mendoyo, Jembrana, Negara dan Melaya mengikuti ajang perlombaan menyambut Nyepi Tahun Baru Caka 1944, 3 Maret 2022 mendatang. 

Ogoh-ogoh ini mengikuti perlombaan tingkat Kecamatan. Pada penilaian tingkat Kecamatan ini, melibatkan Majelis Desa Adat (MDA) dan seniman dan sudah dilaksanakan pada 21 Februari 2022.

Terkait dengan penilaian yang dilakukan, Pamong Budaya Ahli Muda Disparbud Jembrana, I Gede Sudarsana mengatakan, ada beberapa hal yang dinilai oleh tim.

Diantaranya ialah tekhnik pembuatan ogoh-ogoh dari tingkat kesulitan, kemudian bahan-bahan untuk membuat tidak boleh stereo foam atau gabus.

Kemudian menyangkut anatomi dari bhuta kala itu sendiri. Selanjutnya ialah yang keempat ialah filosofi ogoh-ogoh atau sinopsis dari ogoh-ogoh. 

“Nah yang terpenting Kalau ada minuman keras maka akan didiskualifikasi. Dari 15 yang mengikuti tingkat Kecamatan bersih tidak ada pelanggaran,” imbuhnya. 

Sudarsana menambahkan, bahwa untuk perlombaan tingkat Kecamatan akan dipilih tiga dari lima ogoh-ogoh yang dilombakan. Kemudian, dari empat Kecamatan yang mengikuti kecuali Pekutatan  muncul 12 ogoh-ogoh. 

"Nantinya dari 12 ogoh-ogoh ini, akan ada tiga pemenang yang akan diikutkan lomba Provinsi," katanya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami