search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Meski Terbentur Modal, Usaha Ikan Asap Fatayati Tetap Bertahan
Kamis, 20 Januari 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Meski Terbentur Modal, Usaha Ikan Asap Fatayati Tetap Bertahan.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Fatayati (55) warga Banjar Airkuning Desa Airkuning menggeluti usaha ikan panggang atau biasa orang menyebutnya ikan asap sejak 5 tahun lalu. 

Awalnya ia hanya membuat pindang ikan, lalu mencoba beralih ke ikan asap jika ikan yang ditangkap nelayan berlimpah. 
Usaha ikan asap Fatayati kini berkembang hingga meluas ke Pasar Tegal Cangkring. Disamping itu, ia juga melayani konsumen yang membeli olahan ikan asap. Pesanan untuk ke pasar, sebutnya, bisa mencapai 200 kg. Bahkan itu bisa sampai dikirim 2 kali dalam 1 harinya. 

"Untuk bahan olahan asap ikan ini adalah jenis ikan tenggiri, ikan langsar, ikan tompek, dan ikan tumbuk. Jenis ikan tersebut dibawa nelayan khusus yang memancing jenis ikan-ikan tersebut," katanya saat ditemui belum lama ini. 

"Bersyukur hasil olahan cukup bisa menghidupkan keluarga dengan anak 3, untuk yang paling kecil kini masih kerja," imbuhnya. 

Kendala yang dihadapinya, adalah kesulitan pada modal, karena jenis ikan yang dibeli cukup mahal. Kendati demikian, anak-anaknya tak lepas tangan, siap sedia untuk membantu modal jika kekurangan, meski terkadang tak bisa memenuhi target.

"Semoga usaha UMKM ikan asap ini diperhatika pemerintah, terutama untuk modal usaha karena jika pesanan berlimpah tentu para tetangga ikut bekerja sehingga perlu modal untuk membayar serta pembelian ikan bisa meningkat juga," ujarnya.

Fatayati menceritakan sehari-hari ia menjual ikan asap ke pasar saat kisaran jam 01.00 malam dan pulang pukul 07.00 pagi. Hal ini dilakoni hingga kini demi mencari nafkah yang halal yang diberkati Tuhan.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami