search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gurihnya Nasi Kondo Plecing Sapi Khas Bugis di Negara
Senin, 6 Desember 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gurihnya Nasi Kondo Plecing Khas Bugus di Negara.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, NEGARA.

Jaiyah (50) warga Lingkungan Kerobokan, Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara memiliki usaha kuliner yang digeluti hingga kini dengan unggulan nasi Kondo (daging sapi dengan asam Jawa dan juga gula merah) yang enak dan gurih. 

Khas sajian nasi Kondo adalah paling enak dengan sayur asam atau sayur daun kelor. Ciri khas masakan kampung Loloan, buka mulai pagi dari jam 08.00 WITA.

Selain itu juga ada sajian lain yakni nasi plecing ayam kampung. Keunikan kuliner nasi Kondo ini disajikan cukup unik yaitu dengan makan langsung di dapur miliknya, selain meladeni secara pesanan.

"Ciri khas rumah panggung menjadi gaya eksotik bagi para penggemar kuliner. Rasa khas pedasnya sambal nasi Kondo dan plecing sapi, Ciri khas yang tak pernah hilang adalah budaya Bugis. Dulu berawal hanya berjualan kue apem kampung. Bahkan selain pesanan juga di taruh di toko roti dan juga di dalam Pasar Negara," ujarnya. 

Sejak Pandemi Covid-19, Jaiyah kini lebih menekuni sajian masakan kuliner nasi Kondo. Dalam satu hari, ia bisa masak nasi 5 kg. Meski tak banyak tapi ia menyajikannya siap saji. Bahkan bisa melayani 24 jam. Untuk pembeli yang menginginkan dibungkus, ia menggunakan daun pisang.

"Justru ini menambah ciri khas tersendiri dan tetap bisa dipertahankan. Jangan malu berusaha karena rejeki sudah Tuhan yang menentukan," pungkasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami