search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Perayaan Cap Gomeh di Dauhwaru Identik Adanya Jaje Bantal
Rabu, 16 Februari 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Perayaan Cap Gomeh di Dauhwaru Identik Adanya Jaje Bantal.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Tokoh tua di keluarga tionghoa di Kabupaten Jembrana Po Lian Ing (75) yang tinggal di lingkungan Dauhwaru, kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana tetap melestarikan  tradisi setelah hari raya Imlek.

Dimana setelah 15 hari perayaan Imlek diselenggarakan Hari Raya Cap Gomeh yang serupa umat Hindu merayakan Kuningan. Saat itu, ciri khasnya adalah dengan membuat jaje bantal dan juga identik dengan lontong Cap Gomeh. Tradisi ini sudah menjadi sebuah tradisi di kalangan umat Tionghoa terutama di Kabupaten Jembrana. 

Po Lian Ing menjelaskan, olahan bahan dasar jaje bantal adalah ketan, kacang merah, dan dibalut dengan daun janur pohon kelapa. Kemudian dikukus atau bisa juga direbus, sampai kurang lebih 1 setengah jam. 

"Dalam perayaan ini dilaksanakan pada tanggal 15 di bulan Februari, selain itu ada juga ketupat disajikan dengan masakan kare ayam, dan ada juga ayam bumbu rujak.

Tak lupa sayur lodeh, kacang kapri, dan serundeng. Jajanan dan panganan ini disajikan buat keluarga, kerabat, dan para tamu yang datang ke rumah," tuturnya.

Selain Jaje bantal dan makanan lontong kare atau ketupat juga ditaruh di tempat leluhur yang ada di rumah, sebagai bukti persembahan kepada para leluhur. Dan hal ini dilakukan bertepatan pas bulan purnama. 

"Upacara Cap Gomeh tetap harus dilestarikan jangan sampai punah apalagi masa Covid-19 ini belum berakhir, kita berharap semoga Laumu atau Tuhan Yang Maha Esa (Adi Buddha) badai Pandemi segera berakhir. Dan usaha, pekerjaan, dan juga sekolah bisa kembali normal kembali," pungkasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami