3 Generasi Meneruskan Warisan Leluhur Tenun Endek Loloan - Beritajembrana.com

Ekbis

3 Generasi Meneruskan Warisan Leluhur Tenun Endek Loloan

Kamis, 23 September 2021 | 17:10 WITA
3 Generasi Meneruskan Warisan Leluhur Tenun Endek Loloan

beritabali/ist/Tenun Endek Loloan Tetap Eksis Demi Kelestarian Warisan Leluhur.

DOWNLOAD APP BERITABALI.COM   
Beritajembrana.com, Negara.
Kain tenun endek khas Loloan memang identik dengan kearifan lokal, dimana khas sarung yang digunakan saat tradisi khitanan anak dan acara perkawinan terutama mempelai laki-laki.
Dalam proses pengerjaannya, kain sarung ini dikerjakan dalam 1 hari dengan hasil 1 buah kain dengan tenaga 1 orang. Diketahui bahan benang masih dicari dari pulau Jawa. Untuk pengerjaan tenun biasanya dikerjakan sendiri, dimana bahan alat tenun dinamakan ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin). Benang diolah kembali sesuai warna yang diinginkan. Hasil dari kain sarung tenun ini dijual seharga Rp480 ribu, dengan cara memesan barang tersebut. 
Rahmat Hidayat (40) selaku pengusaha tenun Endek khas Loloan yang tinggal di Lingkungan Kerobokan Kelurahan Loloan Barat Kecamatan Negara, Jembrana mengatakan, untuk pesanan per-sarung dibutuhkan hanya satu hari. Dengan corak dan motif sesuai pesanan pelanggan. 
"Kami juga menyiapkan kain sarung tenun khas Loloan di rumah jika ada yang membeli bahkan meminta motif sendiri, akan tetapi yang paling dominan adalah motif endek dan pengerjaannya juga tidak mengalami kesulitan," katanya.
"Kesulitan ketika di masa pandemi awal hingga saat ini walau bisa bisa berjalan akan tetapi daya beli masyarakat menurun, hanya pesan-pesan orang menikah dan khitanan itupun tidak signifikan," ujar Rahmat Kamis (23/09/2021).
Halaman :

TAGS : Berita Jembrana Berita Bahasa Bali Berita Berbahasa Bali Berita Jembrana Terkini Berita Jembrana Hari Ini Beritajembrana Informasi Jembrana


Beritabangli.com - Media Online Bangli Bali Terkini

Menyajikan Berita Politik, Seksologi, Hukum, Kriminal, Wisata, Budaya, Tokoh, Ekonomi, Bisnis, Pendidikan di Bangli, Bali, Nasional dan Dunia.



News Lainnya :


Berita Lainnya