search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Warga Pekutatan Berinisiatif Buat Minyak Tanusan
Minggu, 13 Maret 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Warga Pekutatan Berinisiatif Buat Minyak Tanusan.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, PEKUTATAN.

Kelangkaan minyak goreng yang terjadi selama sebulan terakhir sudah sangat berdampak ke masyarakat. Terlebih masyarakat yang tinggal di desa. 

Minyak goreng dalam kemasan sangat sulit didapatkan, bukan hanya di toko modern saja tetapi juga di warung-warung. Akibat kelangkaan tersebut warga harus mendapatkan minyak goreng dengan cara membuat sendiri. Minyak tersebut adalah minyak tanusan

Seperti yang diungkapkan salah satu warga Pulukan Kecamatan Pekutatan. Akibat sulitnya mendapatkan minyak goreng di warung-warung akhirnya beralih ke minyak tradisional murni dari kelapa yang disebut minyak tanusan. 

"Karena minyak goreng saat ini sulit didapat saya berinisiatif sebagai pengganti sementara dipakai minyak tanusan untuk konsumsi. Semoga sebelum hari raya Galungan nanti minyak kelapa bisa mudah didapat," ujar Ni Komang Sunasih (48) warga Banjar Dauh Pangkung, Pekutatan.

Sementara pembuat minyak tanusan Ni Mase Wirasini (47) Banjar Pangkung Desa Pekutatan mengaku memproduksi minyak tanusan selain untuk kebutuhan sendiri, ia juga memasarkan lengis tandusan ke pasar.

“Enam butir dapat satu botol (600 ml), jual Rp17 ribu. Tapi nanusin seminggu sekali tergantung ketersediaan buah kelapa. Paling bagus buah kelapa yang sudah tua,” ungkapnya. 

Diharapkan kelangkaan minyak goreng yang terjadi selama ini bisa segera kembali normal.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami