search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sambut Idul Adha, Banjar Mandar Gelar Lomba Takbiran
Senin, 11 Juli 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sambut Idul Adha, Banjar Mandar Gelar Lomba Takbiran.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, NEGARA.

Menyambut Idul Adha di kampung kecil Banjar Mandar, Desa Cupel, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana yang kali ini diadakan lomba pada Sabtu malam (9/7/2022).

Ketua panitia lomba takbir keliling Muhammad Sobirin mengatakan, ragam keunikan takbiran keliling kampung membangkitkan semangat para pemuda di desa. 

Tujuannya, agar mereka tidak harus keluar sehingga bisa mencegah yang menimbulkan perilaku negatif. Dari 11 peserta yang mengikuti juga berasal dari luar desa. Mereka memprebutkan piala, tropi, dan hadiah berupa uang pembinaan dari Remaja Masjid Raudhatul Janah.

"Semua peserta keliling hingga sampai di masjid Baitul Makmur, dan sepanjang perjalanan mereka melantunkan Takbir diiringi kreasi musik yang mereka pergunakan. Ada yang dari bambu dan rebana juga ada variasi menggunakan tingklik. Selain hiburan juga ibadah bagi mereka anak dan remaja. Yang setiap grup diikuti bisa sampai 20 orang," jelasnya. 

Salah satu peserta lomba Yuli Rahmi Aziza (14) perwakilan pesantren Yusuf Ibrahimiyah Desa Tegalbadeng Timur menuturkan dengan jumlah timnya yang terdiri 16 orang, mereka merasa senang bisa ikut takbiran Idul Adha tahun ini. Meski dengan keterbatasan biaya yang disiapkan. 

"Walau demikian optimis ikut, walau bukan mengejar juara tapi semangat ikut lomba. Siapa tahu tahun ini bisa merebut juara bergilir," ucapnya dengan penuh harap. 

Sementara, Sekdes Desa Cupel Idham Holid mengatakan sangat bersyukur dengan kegiatan acara takbiran keliling hanya dilakukan di kampung. Ia mengharapkan kegiatan ini bisa dijadikan momentum bagi para remaja dengan kegiatan yang bersifat positif. 

"Tidak lagi keluar kampung yang justru menimbulkan bentrok atau juga sisi negatif," tuntasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami