search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Panen Tanaman Pekarangan Kelompok Wanita Tani Dusun Moding
Rabu, 22 Desember 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Panen Tanaman Pekarangan Kelompok Wanita Tani Dusun Moding.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, MELAYA.

Kelompok Wanita Tani(KWT) Prima Sari Dusun Moding, Desa Candikusuma, Melaya melaksanakan panen bersama kegiatan Pekarangan Pangan Lestari(P2L), Selasa (21/12/2021). 

Dalam panen bersama itu, Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna yang didampingi Kadis Pertanian dan Pangan kabupaten Jembrana I Wayan Sutama, anggota DPRD Dapil kecamatan Melaya serta beberapa pimpinan OPD, ikut bersama-sama melakukan panen terhadap beraneka jenis komoditi tanaman pekarangan seperti, kacang panjang, kangkung termasuk cabai dan mentimun.

Ketua kelompok Wanita Tani(KWT) Prima, Dewa Ayu Pandmi mengaku, kalau kegiatan panen bersama sayur mayur ini dimaksudkan  sebagai upaya untuk memberikan motivasi kepada warga masyarakat lainnya. Pasalnya, jika cara dan metode ini bisa dilakukan oleh warga masyarakat lainnya dipastikan akan dapat memberikan tambahan penghasilan yang tidak kecil dalam keluarga.

”Ini sebagai media motivasi bagi kami disini. Kiranya usaha dan kegiatan kami bersama anggota tidak sia-sia. Maka itu, jika ibu-ibu yang lain dapat melakukan kegiatan ini di setiap keluarga tentunya akan dapat menambah penghasilan keluarga,” ujarnya.

Selain kegiatan berupa memberdayakan tanaman kebutuhan sehar-hari, kata Padmi, KWT yang dirintisnya sejak tahun 2007, juga memproduksi minyak VCO termasuk usaha simpan pinjam kepada anggota.

”Sampai saat ini kami bersama anggota menekuni usaha lainnya seperti minyak VCO dan simpan pinjam (SP). Produksi dari usaha pemuatan minyak VCO itu kami pasarkan di beberapa kabupaten di Bali,” tegasnya.

Sementara wabup IGN. Patriana Krisna mengapresiasi KWT desa Candikusuma ini. ”Tentu usaha yang digeluti para anggota KWT ini sangat memberikan kontribusi terhadap perekonomian keluarga. Usaha seperti pemberdayaan tanaman pekarangan dengan pola Demplot seperti ini kami sangat apresiasi," katanya. 

"Disini (Demplot) berbagai tanaman untuk keperluan sehari-hari dapat menghasilkan pendapatan secara ekonomi. Ini patut ditularkan kepada masyarakat yang lainnya,” ujarnya.

Terkait dengan usaha industri rumah tangga, kata wabup Ipat, agar terus ditingkatkan baik dari kualitas juga kuantitasnya.

”Kami dorong penuh aktivitas kelompok ini. Usaha yang selama ini khususnya industri rumah tangga berupa produksi minyak VCO agar terus ditingkatkan baik secara kualitas juga kuantitasnya. Dengan demikian, tentunya pangsa pasar akan semakin lebar serta pendapatan akan semakin meningkat,” pungkasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami