search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Legenda Musisi Blues Asal Negara Sempat Belajar di Belanda
Rabu, 11 Mei 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Legenda Musisi Blues Asal Negara Sempat Belajar di Belanda.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, NEGARA.

I Putu Widia Negara (64) asal Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara yang akrab dipanggil Ilalutan Jblues merupakan musisi blues yang sudah matang pengalamannya di dunia musik.

Awalnya ia menekuni dunia musik sejak usia 17 tahun di Jogyakarta saat menempuh pendidikan. Selama 17 tahun bergelut di dunia musik blues, ia sempat belajar di Belanda tepatnya di kota Amsterdam. 

Widia awalnya penggemar musik rock lantas beralih mencintai irama blues sejak asyik ber-jam season dengan para penggila musik blues di suatu tempat hiburan malam. Lantas semenjak digelarnya North Sea Jazz Festival, ia lebih menggilai musik blues hingga kini.

"Hingga pulang ke tanah air yaitu ke Bali berkiprah menggeluti aditional player khusus sebagai gitaris di musik blues. Keluar masuk bar menghibur para penggemar musik blues terus dilakoni. Banyak musisi yang dikenal saat itu," jelasnya.

Ia menceritakan sempat manggung ke luar daerah mulai dari Makassar, Lombok, Bandung hingga Jakarta. Dari situlah ia bertemu Doni Suhendra gitaris Krakatau yang saat itu sangat populer musisi blues. 

Saat ini Widia dikenal sebagai legendaris musisi blues, walau di kota kecil seperti kota Negara. Tapi, ia merasa bangga bisa melanglang buana bermain musik.

"Perlu suplemen terutama di kota kecil Jembrana saat ini, banyak para musisi harus diberikan ruang peluang untuk berkiprah sebagai musisi andal.

Banyak sekarang generasi muda pandai bermusik, cuman peluang-peluang itu justru harus dikawal total pemerintah di Kabupaten Jembrana," lugasnya.
 
Ia tetap eksis berekspresi di usia yang mulai senja tapi jiwa musik harus tetap ada. 

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami