search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Akibatkan Antrean Panjang Kendaraan di Gilimanuk
Rabu, 28 Juni 2023, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Gelombang Tinggi dan Angin Kencang Akibatkan Antrean Panjang Kendaraan di Gilimanuk.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, MELAYA.

Gelombang besar dan angin kencang di Selat Bali mengakibatkan kemacetan kendaraan yang ingin masuk ke pelabuhan, hingga mencapai lebih dari 3 kilometer.

Diketahui antrean Panjang di Jalur Denpasar Gilimanuk, tepatnya di Kelurahan Gilimanuk menuju pelabuhan, telah terjadi sejak Senin, 26 Juni 2023, sekitar pukul 17.00 WITA.

Selain gelombang tinggi, liburan panjang Hari Raya Idul Adha juga menjadi faktor penyebab lain kemacetan di Pelabuhan Gilimanuk.

Kemacetan tersebut masih terjadi hingga saat ini, Rabu (28/6/2023), terutama pada pagi hari. Kemacetan semakin parah karena kendaraan dari arah timur (Denpasar) saling mendahului, sehingga kendaraan yang datang dari arah barat (Gilimanuk) tidak dapat melintas. 

Meskipun pihak Polres Jembrana telah melakukan pengaturan lalu lintas secara maksimal, volume kendaraan dari arah timur terus bertambah.

Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana menyatakan bahwa antrean ini terjadi sejak Senin (26/6/2023) malam, karena meningkatnya volume kendaraan yang meninggalkan Bali menjelang libur Idul Adha. 

Selain itu, kondisi dermaga di Ketapang dan Gilimanuk juga belum optimal karena adanya perbaikan dan faktor alam. Pada Selasa (27/6/2023) siang, terjadi pasang surut air laut yang menyebabkan kapal di dermaga LCM tidak dapat bersandar dan melakukan bongkar muat. 

"Kemarin siang memang air surut cukup lama. Kemudian ada peningkatan menjelang Idul Adha, dan juga dipengaruhi dampak perbaikan 1 dermaga," terangnya.

Antrean kembali terjadi pada Selasa malam hingga Rabu pagi. Namun, upaya pemecahan arus telah dilakukan untuk mengatasi kemacetan. 

"Anggota kami juga terus memantau di lapangan, terutama di ekor antrean, untuk mencegah adanya kendaraan yang mendahului. Selain itu, kami juga berkoordinasi dengan ASDP untuk mengoptimalkan parkir di dalam pelabuhan. Hingga saat ini, arus lalu lintas mulai kembali normal," jelasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami