search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
13 Caleg Petahana di Jembrana Gagal Duduki Kursi Dewan
Jumat, 3 Mei 2024, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/13 Caleg Petahana di Jembrana Gagal Duduki Kursi Dewan.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

KPU Jembrana mengumumkan hasil rapat pleno terbuka yang menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Jembrana Pemilu 2024.

Meskipun PDIP masih mendominasi dengan 15 kursi, terdapat 13 petahana yang tidak lagi masuk dalam anggota DPRD Jembrana terpilih periode 2024-2029. 

"MK sudah memberikan jawab surat secara resmi ke KPU RI per 29 April kemarin. Sesuai aturan, tiga hari maksimal dari surat tersebut sudah harus ditetapkan (perolehan kursi dan calon anggota DPRD)," ungkap Ketua KPU Jembrana, I Ketut Adi Sanjaya, Kamis (02/05/2024).

Dia melanjutkan, sesuai hasil Pileg 2024, ada enam partai yang masuk ke DPRD Jembrana.

Namun, yang masih mendominasi adalah PDIP dengan Raihan 15 kursi.

Disusul Golkar dan Demokrat dengan raihan masing-masing enam kursi, Gerindra empat kursi dan dua kursi masing-masing untuk PPP dan PKB.

"Untuk jumlah petahana ada 22 orang, dan new comer atau pendatang baru sebanyak 13 orang," sebutnya.

Disinggung mengenai raihan jumlah kursi ini juga sebagai cerminan pelaksanaan Pilkada Jembrana 2024, Adi Sanjaya menyebutkan penetapan ini juga berpengaruh untuk proses pencalonan pada pemilihan kepada daerah (Pilkada).

"Syaratnya sudah jelas, 20 persen raihan kursi dan 25 raihan suara sah di Pemilu 2024 untuk bisa mencalonkan. Jika partai politik belum memenuhi, ya harus bergabung dengan partai lain (koalisi) untuk bisa mengusung Calon Bupati," pungkasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami