search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kuliner Sup Pindang Kuning Serani Khas Desa Airkuning
Senin, 26 September 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Kuliner Sup Pindang Kuning Serani Khas Desa Airkuning.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Tak lengkap jika ke Bali Barat tanpa mencicipi kuliner yang melegenda dan diwarisi turun temurun di Desa Airkuning, Jembrana, yakni Sup Pindang Kuning Serani. Kuliner ini disajikan saat acara pernikahan, sunatan hingga hajatan seperti petik laut. 

Usai pulang dari melaut para nelayan pun tak jarang disuguhkan masakan ini oleh istrinya. Hasil tangkapan ikan nelayan, diolah cepat saji dengan bumbu tradisional Bali yang kaya akan aroma sedapnya. 

Munawaroh, warga Banjar Anyar Desa Airkuning, Kecamatan Jembrana menuturkan sup pindang kuning khas Desa Airkuning ini menyajikan bahan rempah Bali. Adapun ikan yang digunakan mulai dari ikan tenggiri, ikan tongkol, ikan kenyar, ikan tompek dan ikan selungsung.

Jenis ikan inilah yang paling enak dimasak dengan sup pindang kuning serani. Sementara untuk bahan bumbu rempah Bali terdiri atas, lombok besar dan lombok kecil,  kunyit, sere, bawang merah, asem badung, belimbing buluh, daun salam dan jeruk nipis untuk melumuri ikan agar tidak amis. 

"Rempah ini kemudian digoreng lalu dimasukan ke dalam air yang mendidih dan juga jenis ikan tadi. Hingga kisaran 20 menit maka sup pindang kuning sudah siap disajikan saat kondisi hangat. Rasa rempah bali dan nikmatnya ikan seperti tenggiri justru menambah selera makan," ungkapnya.

Kuliner sup pindang kuning serani yang asli dari Desa Airkuning ini jauh lebih nikmat jika disandingkan dengan pepes, ikan bakar atau ikan digoreng dan juga sambal petis. 

Masakan sup pindang kuning serani merupakan makanan khas tradisional turun temurun yang tetap dilestarikan, mudah dibuat, bahkan masakan favorit saat acara perkawinan, khitanan dan acara petik laut bagi nelayan di pesisir Desa Airkuning.

"Harga sup pindang kuning lengkap dibandrol Rp.30.000 sudah bisa menikmati berupa ikan goreng atau bakar dan pepes ikan tompek," tuturnya. 

Sementara penikmat kuliner pesisir Hidayatullah Mukhtar (26) asal Banjar Airkuning, Desa Airkuning, Kecamatan Jembrana mengatakan kenikmatan khas sup pindang kuning serani, selain nikmat dan gurih, juga membuat kangen jika sudah lama tidak mencicipi. Seperti ingin kembali pulang menikmati kuliner asli kampung halaman. 

"Usaha kuliner yang dikelola Pokdarwis Pudaksari Desa Yehkuning menyajikan kuliner ini. Adapun tata ruangnya diatur agar asri serte bernuansa Bali yang klasik. Selain warga lokal dari Jembrana, ada juga tamu asing yang juga menikmatinya," tutupnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami