search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sugiana Kembangkan Bisnis Bonsai Berawal dari Hobi
Selasa, 16 November 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sugiana Kembangkan Bisnis Bonsai Berawal dari Hobi.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, MELAYA.

I Gede Sugiana (40) Banjar Petapan Kaja, Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo Jembrana Bali mengembangkan usaha jual beli bonsai.  

Berawal sebagai kolektor dan pecinta bonsai, saat pandemi justru hal ini malah ditekuni hingga kini. Selain menekuni bonsai, ia juga memiliki keahlian mengukir pasir laut dan pasir Karangasem yaitu sos (tukang ukir pasir). 

I Gede Sugiana menuturkan hobi mengkoleksi bonsai yang ia lakukan di waktu senggang ternyata membuahkan hasil, dengan memiliki nilai jual yang cukup lumayan. 

Beberapa koleksi yang dimiliki terdiri dari bonsai pohon Boni, pohon loa, pohon perengut, pohon kelapa dan masih banyak 20 jenis pohon yang dikoleksinya.

"Bagi pecinta dan pengkoleksi bonsai tentu jenis tanaman itu banyak yang melirik. Bahkan perawatan seperti tanaman buah antara lain pupuk urea, pupuk MPK, dan organik. Dan juga persentase nasi basi yang direndam air dan dicampur kotoran kambing. Itu justru menghasilkan upaya yang optimal dari pohon tersebut," ungkapnya, Selasa (16/11/2021).

Ia juga menjelaskan, perawatan sehari-hari hanya memperhatikan tumbuh akar dan daun sehingga bisa melakukan pembentukan secara alami dari jenis pohon yang akan diproses bonsai

"Sementara kesulitan masih juga sedikit terkendala, hal ini perlu banyak dukungan baik program perintah daerah, sehingga usaha pengembangan pecinta bonsai bisa mendapat angin segar," imbuhnya.

I Gede Sugiana megharapkan bagi para pecinta bonsai agar jangan ragu untuk mengembangkan kreasi bonsai sehingga tanaman jenis ini tidak punah begitu saja. Malah, katanya, di Jepang tanaman bonsai menjadi identik budaya di luar.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami