search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Layanan Poli Paru Kini Tersedia di RSU Negara
Kamis, 4 November 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Layanan Poli Paru Kini Tersedia di RSU Negara.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, NEGARA.

RSU Negara terus meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Kali ini, pelayanan kembali ditambah dengan dibukanya poli paru oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Kamis ( 4/11). 

Selain meresmikan poli paru, juga dilaksanakan  peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung baru hemodialisa dengan sistem operasional dengan swasta. Turut hadir saat peresmian Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna.

Menurut Bupati Tamba peningkatan pelayanan ini sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan masyarakat.

"Hari ini  adalah hari baik (Sugihan Jawa) kita laksanakan peresmian . Semoga penambahan layanan ini  dapat bermanfaat bagi masyarakat. Mengurangi beban mereka, jadi biaya yang dikeluarkan lebih sedikit karena tidak perlu keluar daerah  lagi," kata Tamba. 

Poli baru itu kata Bupati Tamba bisa meminimalkan rujukan ke rumah sakit di luarJembrana.

"Kedepan akan tambah lagi sarana dan prasarana lainnya sehingga Masyarakat Jembrana tidak perlu lagi jauh jauh keluar Jembrana untuk berobat," imbuhnya.

Sementara Direktur RSU Negara, dr Ni Putu Eka Indrawati menjelaskan poli paru nanti dilayani satu orang dokter spesialis paru. Berbagai macam permasalahan kesehatan di bidang paru menggunakan layanan ini. Pasien yang datang bisa menggunakan layanan BPJS sehingga bisa dinikmati masyarakat luas dan bisa juga digunakan untuk pasien umum.

Eka Indrawati menyebut penyakit  asma yang paling sering jadi keluhan selama ini bisa dilayani dengan beroperasinya Poli Paru. 

"Hasil Sensus 2021, jumlah penduduk Jembrana  adalah tercatat 325.456 jiwa . Dari jumlah tersebut per tahunnya Rumah Sakit Umum Negara memiliki 397 pasien PPOK dan  859 pasien asma. Angka itu selalu masuk dalam 10 besar penyakit terbanyak di Rumah Sakit," papar Eka.

Ditambahkannya , juga akan dilayani pengobatan asma dan penyakit paru obtruktif kronik Penyakit Tuberculosis (TBC), infeksi paru dan pernafasan (Efusi pleura, COPD/PPOK, dan sebagainya), Pemeriksaan fisiologi paru serta Tindakan terapi inhalasi dan terapi oksigen.

Dengan dioperasikannya Poli Paru, kini total RSU Negara telah memiliki 19 poliklinik. Selain itu, Beberapa inovasi lainnya, tambah Eka masih berjalan mulai dari Pelayanan JKJ Plus yaitu pelayanan kesehatan langsung door to door untuk pasien yag tidak mampu mandiri ke fasilitas pelayanan kesehatan dan pelayanan kepada tokoh umat dan sulinggih. 

Selain itu masih ada Pelayanan JES (Jembrana Emergency Service) untuk kegawatdaruratan dan Halo Dokter untuk pelayanan konsultasi online.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami