search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jembrana Siapkan Lahan untuk Budidaya Udang Vaname
Sabtu, 23 Oktober 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jembrana Siapkan Lahan untuk Budidaya Udang Vaname.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Usai ikut memanen udang vaname berteknologi terbaru tebar padat tinggi di BPBAP Situbondo, Bupati Jembrana langsung  berencana membuat budidaya udang vaname berteknologi budidaya udang Ultra Intensive Aquagriculture Technologi di Kabupaten Jembrana.

“Setelah kita saksikan panen udang vaname yang fantastis ini, saya menjadi ingin segera membangun budidaya udang tersebut. Kita akan mencari tanah yang timbul yang bisa nanti kita fungsikan,” ucap Tamba Sabtu (23/10/2021).

Bupati Tamba yang didampingi Forkopinda dan Ketua DPRD Jembrana menambahkan, jika ada warga kabupaten jembrana yang memiliki lahan bisa bekerjasama dengan pemerintah.

 

"Saat ini menurut Bupati Tamba lahan lahan timbul yang berada di pinggir pantai sudah dimiliki oleh warga lokal,” imbuhnya.

Namun saat ini menurutnya lahan yang dipastikan sudah ada berlokasi di Desa Banyubiru, Desa Pengambengan dan di Desa Yeh Embang. Dengan sudah adanya lahan tersebut, Pemerintah kemudian menyatukan persepsi dengan forkopinda guna mendukung program budidaya udang vaname ini.

Bupati asal Desa Kaliakah juga mengatakan, pemerintah Kabupaten Jembrana sengaja datang lantaran ingin mengetahui hasil produksi sekali panen. Sehingga bisa memprediksi apakah target panen dalam setahun bisa terpenuhi untuk kebutuhan dan menlisik apa yang nantinya bisa didapatkan dari hasil panen udang tersebut untuk Kabupaten Jembrana.

“Coba kita bayangkan umpanya kita ambil 1 kilo udang dengan retribusi sebesar Rp.1000 rupiah saja, gimana kalau produksinya bisa 20 ton maka retribusi yang didapatkan Jembrana sebesar Rp20 miliar,” imbuh Tamba. 

Selain itu budidaya udang vaname ini sangat ramah lingkungan  tidak merusak lingkungan karena menerapkan sistem biovlog yang ramah lingkungan.

 Terkait dengan SDM yang disiapkan untuk mengelola budidaya udang vaname di Kabupaten Jembrana ini pemerintah sudah mengirim tenaga untuk latihan secara bertahap ke BPBAP Situbondo Jawa Timur. 

SDM yang kita tempatkan disini untuk betul-betul belajar dengan baik untuk nantinya pengetahuannya bisa diimplementasikan di Jembrana," tutupnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami