search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Asal Muasal Kopi Jaran Goyang Banyuwangi hingga Mendunia
Jumat, 22 Oktober 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Asal Muasal Kopi Jaran Goyang Banyuwangi hingga Mendunia.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Kopi merupakan minuman yang disukai dari remaja hingga dewasa. Bahkan hingga saat kebutuhan akan kopi semakin meningkat seiring dengan banyaknya warung kopi modern. 

Berbicara tentang kopi kita mengenal nama kopi Jaran Goyang. Kopi yang sudah dikenal hingga mancanegara ini memiliki ciri khas aroma yang spesial dan brandingnya sudah dikenal luas. 

Kelebihannya itulah membuat Wakil Bupati Jembrana bersama Dinas Koperasi Perundustrian dan Perdagangan Kabupaten Jembrana ingin mengetahui lebih dekat rahasia proses pengolahan kopi Jaran Goyang tersebut.

Saat ditemui, pengelola Umah Kopi Jaran Goyang Kemiren Masuduki mengungkapkan letak dari penanaman kopi Jaran Goyang tepatnya di bawah kaki Gunung Ijen. Sedangkan soal keberadaan Kopi Kemiren Jarang Goyang disini dibangun sudah lama, yang dikhususkan untuk menerima tamu. 

Untuk mutu kopi, katanya, punya grid tertentu dan sudah mempunyai rasa khas kopi Banyuwangi. Untuk pangsa pasarnya Kopi Jaran Goyang ini sudah merambah di berbagai daerah di Jawa dan khususnya sudah tersebar di Kabupaten Bayuwangi.

"Keberadaan kopi yang ada di Umah Kopi Jaran Goyang Kemiren, kami lebih fokus mengambil kopi dari petani yang ada di Kabupaten Banyuwangi itu sendiri. Setelah para petani kopi sudah dibina oleh dinas terkait yang ada di Banyuwangi sehingga mengetahui cara mengolah kopi dengan baik," ungkapnya. 

Dijelaskan, saat era pandemi seperti ini, kapasitas yang bisa dihasilkan minimal hanya 250 kg sampai 500 kg per bulan. Berbeda saat musim ramai petani bisa menghasilkan 1 ton per bulannya. 

Untuk asal mula nama Kopi Kemiren Jaran Goyang, ia menjelaskan bahwa pertama, Kemiren memang sudah identik dengan Banyuwangi. 

"Sedangkan nama Jaran Goyang sendiri saya mengambil dari salah satu mantra pengasihan yang ada di Banyuwangi. Ceritanya itu orang yang tidak suka menjadi suka, artinya orang yang tidak suka kopi menjadi suka dengan kopi," tutupnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami