search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bupati Tamba Ingin Pelabuhan Gilimanuk Seperti Bandar Udara
Jumat, 27 Agustus 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bupati Tamba Ingin Pelabuhan Gilimanuk Seperti Bandar Udara.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Gilimanuk, Sebagai pintu masuk Bali adalah wajah depan Bali bagi pengunjung yang datang dari Jawa. Untuk itu Gilimanuk perlu ditata dengan baik, seindah dan senyaman mungkin.

Hal itu disadari betul Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Karena itu, Bupati asal Kaliakah ini ingin penataan Terminal Gilimanuk nanti tidak terkesan biasa, namun bisa dibuat senyaman mungkin seperti fasilitas di bandar udara. 

Hal itu disampaikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba dalam forum grup diskusi yang digelar secara virtual bersama jajaran direksi PT ASDP pusat, Kamis ( 26/8/2021). Rapat ini sekaligus tindak lanjut MOU antara Pemkab Jembrana dengan PT. ASDP Indonesia Ferry terkait penataan kawasan pelabuhan penyeberangan Gilimanuk.

Bupati Tamba menambahkan, kenyamanan dalam perjalanan lewat udara sudah biasa dinikmati di bandara - bandara. Salah satunya kenyamanan diruang tunggu penumpang. Karena itu, Bupati Tamba ingin kondisi tersebut juga diterapkan di Terminal Gilimanuk. Sehingga dari penataan nanti, mulai dari ruang tunggu hingga menuju kapal dibuat senyaman mungkin. Termasuk pemusatan penjualan tiket.

"Dari penataan nanti kita ingin semua terpusat. Tidak ada lagi penjual tiket yang bertebaran di jalan - jalan tapi terkumpul di terminal tersebut," kata Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba juga minta dibuat koridor bawah tanah yang menghubungkan terminal sebagai ruang tunggu menuju kapal fery. Hal ini disebutnya sebuah terobosan yang memberikan sensasi berbeda bagi yang akan menyeberang ke Jawa.

"Koridor bawah tanah itu  dilengkapi fasilitas UMKM diharapkan bisa memberi dampak bagi usaha kecil dan juga kontribusi retribusi bagi PAD Jembrana," beber bupati.

Tidak ketinggalan, Bupati Tamba juga minta rencana penataan kawasan penyeberangan Gilimnuk nanti menyentuh areal di sekitar pelabuhan. Mulai di Teluk Gilimanuk hingga jalan sepanjang menuju gate tol yang nantinya akan dihiasi pohon flamboyan di kiri kanan jalan.

Sementara, Direktur Perencanaan dan Pengembangan Harry Muhammad Adhi Caksono melalui FGD ini, diharapkan ada persamaan persepsi dan

sinkronisasi pengembangan masterplan dalam upaya merubah Gilimanuk menjadi wilayah pelabuhan yang memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. 

"Tentu apa yang telah disampaikan bapak Bupati Jembrana akan menjadi bahan kita dalam memantapkan kembali masterplan penataan pelabuhan Gilimanuk kedepannya yang sesuai harapkan kita bersama," tandasnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami