search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bulan Bung Karno, 1.700 Bibit Tanaman Bumi Banten Ditanam di Manistutu
Jumat, 11 Juni 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Bulan juni dicanangkan Bulan Bung Karno sebagai bentuk penghargaan terhadap Bapak Proklamator sekaligus Presiden Pertama Republik Indonesia, DR. IR. Soekarno. 

Memperingati Bulan Bung Karno, 1.700 bibit pohon tanaman bumi banten ditanam di Desa Manistutu, Kabupaten Jembrana oleh Wakil Bupati Jembrana, I G N Patriana Krisna bersama forkopimda, Jumat (11/06/2021). Tanaman bumi banten merupakan tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan upacara keagamaan, diantaranya Cempaka, Majegau, Pala, Juwet, Kwanitan hingga bambu ditanam langsung ke tengah hutan di sekitar Pura Pegubugan.

Kepala Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik Kabupaten Jembrana, Eko Susilo menjelaskan bahwa penanaman pohon dalam rangka

menyemarakkan bulan bung karno dilaksanakan sebagai bentuk edukasi dan ajakan kepada masyarakat untuk menggalakkan gerakan menanam kembali sebagai bentuk pelestarian hutan. 

"yang dipilih adalah pohon tanaman bumi banten sekaligus melestarikan tanaman-tanaman upakara khususnya kita di Bali," ujar Eko Susilo.

Wabup Ipat mengungkapkan, tema Wana Kerthi Taru Prana Bhuana (pohon sebagai nafas kehidupan) dipilih dalam perayaan Bulan Bung Karno 2021 yang merupakan perayaan ke-3 di Kabupaten Jembrana,

mengingat besarnya peran Bung Karno bagi kemerdekaan indonesia yang diibaratkan pohon bagi kehidupan. 

"Perjuangan Bung Karno ibarat pohon bagi kehidupan, begitu besar perannya. Dan kegiatan tanam pohon ini juga sebagai pengingat bagi kita agar selalu menjaga alam" ujar ipat.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami