search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemkab Jembrana Peringati Tumpek Uye di Pura Segara Desa Yehkuning
Sabtu, 25 Maret 2023, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pemkab Jembrana Peringati Tumpek Uye di Pura Segara Desa Yehkuning.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Pemkab Jembrana memperingati hari Tumpek Uye atau Tumpek Kandang pada hari Sabtu (25/3/2023) yang dipusatkan di Pura Segara Desa Yehkuning, Kecamatan Jembrana.

Peringatan ini dilakukan baik secara sekala dan niskala. Secara sekala dilakukan melalui beberapa kegiatan seperti vaksinasi rabies, pengobatan hewan, dan membersihkan pantai. Sedangkan peringatan secara niskala dilakukan melalui upacara segara kerthi, termasuk pecaruan, mapekelem ke tengah laut, dan persembahyangan bersama.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba, Wabup IGD Ngurah Patriana Krisna, Forkopimda, jajaran OPD Pemkab Jembrana, serta masyarakat desa adat sekitar turut serta dalam peringatan Tumpek Uye yang jatuh setiap enam bulan sekali pada Saniscara Kliwon Wuku Uye.

Dalam persembahyangan, Bupati Tamba menyampaikan bahwa perayaan Tumpek Uye dimaksudkan untuk memuliakan hewan atas manfaat yang diberikan kepada manusia. 

"Hari ini kita seluruh umat sedarma merayakan Tumpek Uye sebagai rasa syukur kepada Sang Pencipta serta belajar bagaimana seharusnya umat dapat menjaga alam, sehingga keharmonisan antara alam dan manusia terjalin dengan baik," katanya.

Kepala Bagian Kesra Setda Jembrana Made Tarma menjelaskan bahwa upacara Tumpek Uye dilaksanakan secara sekala dan niskala dengan melibatkan pemerintah dan masyarakat desa adat. 

"Secara sekala selain melakukan bersih- bersih di pantai juga sudah dilaksanakan vaksinasi rabies dan pengobatan bagi hewan yang melibatkan tim vaksinator dari Dinas Pertanian dan Pangan," ujarnya.

Upacara secara niskala dilakukan melalui pecaruan dan persembahyangan bersama dengan menggunakan banten palegembal caru manca sanak, dengan pakelem bebek selem ayam selem yang dipuput Ida Pedanda Gede Putra Kemenuh.

Editor: Robby Patria

Reporter: Humas Jembrana



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami