search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Aparatur Desa di Jembrana Diminta Ambil Peran Cegah Hoaks
Selasa, 12 Juli 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Aparatur Desa di Jembrana Diminta Ambil Peran Cegah Hoaks.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Aparatur desa di Jembrana diminta mengambil peran dalam upaya penanggulangan penyebaran hoaks (kabar bohong).

Mengingat aparatur desa menjadi ujung tombak dan bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga dapat melakukan edukasi.

"Jika aparatur desa mampu berperan secara optimal maka penyebaran hoaks bisa diredam. Di sisi lain aparatur desa dapat menyampaikan informasi yang benar, apalagi kalau itu terkait informasi desa," kata Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Bali I Nengah Muliarta disela-sela acara Seminar Literasi Digital di Jembrana pada Selasa (12/7).

Menurut mantan reporter VOA Radio Suara Amerika ini, hoaks memang menjadi tantangan di era digital yang harus dilawan. Era digital jika ditinjau dari sisi lain juga dapat dimanfaatkan dalam membangun informasi desa guna mengangkat citra atau brand desa.

Muliarta menyampaikan di era digital, aparatur desa memiliki posisi penting dalam usaha menjaga citra desa dan meredam hoaks di lingkungan masyarakat desa. 

Desa sudah semestinya juga mulai menyiapkan data dan periodesasi data yang berkelanjutan dalam membangun citra desa dan melawan hoaks.

Ia menambahkan aparatur desa dapat mulai mengoptimalkan fungsi dan keberadaan kelompok informasi masyarakat (KIM). Keberadaan KIM tentu akan semakin mempermudah tugas aparatur desa di era digital.

Editor: Robby Patria

Reporter: Tim Liputan



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami