search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jelang Galungan, Penjual Aksesoris Penjor Panen Rezeki
Senin, 30 Mei 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Jelang Galungan, Penjual Aksesoris Penjor Panen Rezeki.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Hari Raya Galungan tinggal menghitung hari dimana para pedagang aksesoris penjor sudah menyiapkan sejumlah jenisnya yang dibutuhkan. 

Dari mulai jenis sampian besar dan kecil, janur, padi, gelungan sanggah, dan kolong-kolong dari yang murah sampai model yang paling mahal. 

Di Kabupaten Jembrana, penjualan  aksesoris Penjor merasakan dampak positif menjelang Galungan tahun ini.

Seperti pemilik toko Laksmi, Ni Nengah Nenten (57) asal Lingkungan Pancardawa, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana yang menggeluti usaha menjual aksesoris penjor sejak 8 tahun lalu. 

Setelah ditinggal suaminya puluhan tahun lalu, Nenten berjualan di pinggir jalan WR. Supratman Lingkungan Satria, Kelurahan Pendem, Jembrana.

Ia mengungkapkan kendala bahan dasar aksesori Penjor yakni daun ental yang kini mulai sulit dicari karena dipesan dari Madura dan Sumba (NTT). Harga daun ental dihargai mulai Rp600 ribu berisi 25 lebar daun ental. Selain dikerjakan sendiri dan juga ada tukang di rumah. 

"Harga aksesoris Penjor dari harga Rp20 ribu sampai Rp100 ribu. Pendapatan dalam kurung waktu 6 bulan kurang lebih Rp1 juta karena ini dijual musiman ketika menjelang hari raya," ungkapnya, Senin, 30 Mei 2022.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami