search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sungai Tukadaya Meluap, Terjang Rumah Warga
Selasa, 18 Januari 2022, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sungai Tukadaya Meluap, Terjang Rumah Warga.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, NEGARA.

Akibat hujan deras disertai angin kencang melanda seputaran Kabupaten Jembrana Senin (17/01/2022) sore hingga malam, membuat air sungai Tukadaya meluap.  

Meluapnya sungai menyebabkan belasan rumah warga di Banjar Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara terendam banjir. Salah satu warga, Muhamad Basri mengatakan, bahwa kejadian hujan badai sekitar pukul 22.00 WITA. Luapan air hujan dari sungai, meluber ke lahan rumah warga hingga memasuki pemukiman.  

“Air tiba-tiba meluap setinggi 50 cm menerjang kampung ini. Ini rumah saya pondasinya sampai tergerus dan nyaris roboh,” ucapnya.

Basri menuturkan bahwa hujan terjadi sejak sore hari. Air besar atau bah dari luapan sungai terjadi pada malam hari, sekitar 50 hingga 70 centimeter atau sepinggang orang dewasa. Air bah itu sendiri berasal dari luapan sungai dari arah barat ke timur,

kemudian masuk ke rumah warga. Banjir kali ini terjadi sudah dua kali. 

"Sekitar dua bulan lalu sempat ada banjir, tetapi tidak separah banjir yang terjadi saat ini. Untuk sementara saya mengungsi dulu di rumah kerabat sambil memperbaiki pondasi rumah yang tergerus air banjir,” imbuhnya.

Akibat dampak banjir tersebut, air sumur milik warga juga tidak bisa digunakan. Karena sudah tercemar oleh air sungai yang meluap. 

Sementara Camat Negara I Wayan Andi Suka Anjasmara mengatakan, terkait dengan musibah banjir yang terjadi Senin malam, terdapat beberapa rumah warga mengalami kerusakan. Bersama aparat desa setempat dengan Polsek Negara membantu warga yang mengalami musibah. 

“Upaya pertama sudah kita lakukan mendata rumah yang rusak, dan memberikan bantuan air bersih,” ucapnya.

Wayan Andi menambahkan, bagi warga yang rumahnya yang rusak parah, akan dilaporkan ke BPBD Jembrana untuk penanganan selanjutnya.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami