search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Kasus HIV/AIDS di Jembrana Tercatat 1.067 Orang
Selasa, 2 November 2021, 00:00 WITA Follow
image

bbn/ilustrasi/Kasus HIV/AIDS di Jembrana Tercatat 1.067 Orang.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Kasus Virus HIV/AIDS di Kabupaten Jembrana hingga saat ini tercatat sudah mencapai 1.067 orang lebih. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana dr. I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata saat dikonfirmasi Selasa (2/11/2021).

Menurut Kadis Oka Parwata, sejak dari tahun 2005 hingga tahun 2021 tercatat sebanyak 1.067 orang yang terinfeksi virus HIV/AIDS. 

“Dari jumlah tersebut ada yang sudah meninggal, sehingga yang masih aktif berobat 401 orang,” jelasnya.

Oka Parwata menambahkan, dari jumlah kasus yaitu 1.607 orang tersebut kasus setiap tahunnya justru grafisnya mengalami penurunan sejak tiga tahun terkahir. Pada 2019 ada 95 kasus, dan di tahun 2021 menjadi 87 kasus dan tahun ini tercatat 54 kasus saja.

Parwata juga mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan untuk mencegah penularan HIV/AIDS baik dengan screening kasus yang lebih kuat.

Sementara Direktur RSU Negara Ni Putu Eka Indrawati mengatakan, di RSU Negara pengambilan obat untuk ODHA di bagian klinik masih sangat rendah. Tercatat setiap bulannya sebanyak 401 orang.

“Mungkin yang tidak mau mengambil obat karena rasa malu atau mereka pasrah sudah tertular HIV. Padahal jika obat ARV rutin diminum bisa mengurangi risiko,” ujar dr. Eka.

Karena itu, pihaknya bersinergi dengan pihak lain, seperti relawan pendamping agar ODHA yang masih belum berobat rutin untuk diberikan pendampingan dan mencari ODHA yang masih tercecer.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami