search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pesan Koster Soal Pembangunan Tiktop di Perancak
Kamis, 28 Oktober 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pesan Koster Soal Pembangunan Tiktop di Perancak.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Gubernur Bali I Wayan Koster sangat mendukung program Bupati Jembrana I Nengah Tamba-Gede Ngurah Patriana Krisana, salah satunya gagasan yang fenomenal yaitu membangun TIKTOP (Tibu Kleneng Tower Park). 

Gagasan ini nantinya diharapkan menjadi landmark dan mampu menumbuhkan perekonomian di Kabupaten Jembrana. 
Hal tersebut diungkapkan Gubernur Bali I Wayan Koster, Kamis (28/10/2021) usai memimpin apel Peringatan Sumpah Pemuda Tahun 2021 di Desa Perancak, Kecamatan Negara. 

Usai mendengarkan pemaparan gagasan Bupati Nengah Tamba akan membangun TikTop, Gubernur Koster langsung memberikan dukungan penuh. Menurut Wayan Koster, Tower Tiktop ini sangat unik karena berdiri di tengah-tengah sungai dan berada di lahan mangrove yang luas.

Terkait perencanaan pembangunan tower tersebut, Wayan Koster meminta kepada Bupati Tamba agar konsep tatanan konsep pembangunannya sebelum final nanti agar selaras dengan konsep Nangun Kertha Sat Loka Bali. 

“Jadi Pembangunannya harus ada wana kerthi yang harus dijaga seperti menjaga hutan mangrove, kemudian darma kerthi harus terjaga juga baik dari hulu hingga ke hilir kemudian segara kerthi juga harus terjaga,” kata Wayan Koster.

Gubernur Koster Juga menambahkan, konsep pembangunan Tiktop ini harus mencerminkan kearifan lokal Sad kerthinya diantaranya ada Atma Kerthi, Segara Kerthi, Wana Kerthi, Danu Kerthi, Wana Kerthi, Jagat Kerthi. 

“Jadi secara umum saya sangat setuju dengan gagasan unik ini, tapi desainnya agar disinkronkan dengan filosifi kearifan lokal, dan kedua tampilan luarnya harus balinese,” imbuhnya.

Gubernur Koster sangat berterima kasih kepada Bupati Nengah Tamba karena sudah memiliki gagasan yang sangat luar biasa. Untuk itu dirinya meminta untuk segera menyempurnakan konsep pembangunannya kemudian akan dicarikan arsitek untuk mengharmoniskan arsitekur Bali dan budayanya agar betul-betul kelihatan kearifan lokal.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami