search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Begini Persiapan Warga Pesisir Pengambengan Sambut Maulud Nabi
Selasa, 19 Oktober 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Begini Persiapan Warga Pesisir Pengambengan Sambut Maulud Nabi.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, MELAYA.

Dalam rangkaian Maulud Nabi Muhammad SAW, warga pesisir Dusun Ketapang Lampu Desa Pengambengan melakukan persiapan dari merangkai male hingga membuat rangkaian male sudah menjadi tradisi sejak lama di kampung ini.

Ketua panitia Aminudin menjelaskan,  tidak laki-laki dan perempuan semua sibuk menyiapkan rangkaian male sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW, Nabi yang diturunkan di akhir jaman. 

Perayaan kali ini tanpa mengurangi atau melebihi dalam membuat rangkaian male, hiasan berbagai bentuk dihias bernuansa islam. 

"Warna-warni kertas dan kreasi yang dibuat ini merupakan ucapan rasa syukur terhadap Illahi Rabbi, sehingga banyak kreasi unik ada yang berbentuk bunga, burung, bahkan tumpukan dengan bahan dasar kayu, batang pisang, di dalam hiasan itu ditumpuk berbagi macam buah seperti pisang, duren atau semangka tergantung rangkaian hiasan," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, hasil bahan ini banyak dibutuhkan kertas tisu dan kertas jagung. Hasil rangkaian tadi lalu ditusuk ke batang pisang, sehingga terangkai dalam hiasan. Bahkan tradisi di kampung ini diarak keliling sebagai bukti karya seni.

"Pantia lomba ditunjuk adalah remaja Mushola Babul Jannah, kreasi yang bagus mendapatkan hadiah juara dengan total Rp1 juta, bukan nilai nominal yang dicari tapi kepuasan kreasi male yang dikerjakan. Hasil kerja keras dalam satu hari tentu terbayarkan nanti pas di Peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW yang akan diselenggarakan pada Rabu (20/10/2021) malam hari jam 19.30 WITA," ujarnya.

Puncak acara nantinya menghadirkan kyai yang menyampaikan wejangan keagamaan dengan tetap mematuhi prokes. Hal itu selalu ditekankan panitia sehingga kelangsungan acara berjalan sesuai aturan yang telah dianjurkan pemerintah.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami