search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Strategi Pengusaha Kuliner Sukses Jadi Peternak Ayam Petelur
Senin, 16 Agustus 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Strategi pengusaha kuliner sukses jadi peternak ayam petelur.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, NEGARA.

Seorang pengusaha kuliner di Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Jembrana yang pindah haluan menjadi Peternak ayam petelur. 

Pengusaha kuliner di Kabupaten Jembrana bernama Cipto ini, kini merambah usaha peternakan ayam petelur tempatnya di belakang rumah makannya. 

Peternakan ayam petelur yang dilakukan sejak empat bulan terakhir ini, menggunakan cara budidaya maggot untuk mengatasi masalah pencemaran udara.

“Masalah utama peternak ayam petelur adalah pencemaran yaitu udara.  Maka dengan memadukan ternak maggot, diharapkan bisa mengurangi pencemaran pada udara. Selain bisa menghilangkan bau dari kotoran ayam,

manggot juga bisa menjadi makanan ayam yang berprotein tinggi. Sederhananya, maggot memakan kotoran ayam dan maggotnya juga bisa untuk makanan ayam,” ungkapnya.

Adanya ide cemerlang dari Cipto ini membuat keinginan tahuan wakil Bupati Jembrana Gede Ngurah Patriana Krisna. Dengan meluangkan waktunya Wakil Bupati Patriana Krisna melihat langsung peternakan ayam petelur milik Cipto yang berada di Desa Kaliakah, Kecamatan Negara Jembrana Senin (16/08/2021).

Usai melihat peternakan ayam petelur dan peternak maggot, Patriana Krisna mengungkapkan, ide kreatif seperti ini yang patut ditiru dan dikembangkan bagi para peternak ayam di Jembrana.  

“Kalau semua pengusaha peternakan ayam petelur menggunakan cara ini, tidak akan ada lagi keluhan bau dari warga sekitar,” tegasnya.

Dengan memadukan peternakan ayam dan peternakan maggot, sangat menguntungkan bagi peternak. Ayam petelur mendapat makanan dan manggot bisa dijadikan makanan ayam. Keuntungan lainnya, peternakan ayam tidak bau. Karena selama ini, salah satu masalah yang ditimbulkan adalah keluhan bau dari peternakan yang bisa menyebar ke lingkungan sekitar.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami