search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Vaksinasi Massal dan Kastrasi di Kelurahan Banjar Tengah
Jumat, 13 Agustus 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Vaksinasi rabies di Kelurahan Banjar Tengah.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, NEGARA.

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Jembrana melaksanakan vaksinasi massal dan kastrasi terhadap hewan peliharaan seperti anjing dan Kucing bertempat di Kelurahan Banjar Tengah Kecamatan Negara, Jembrana Jumat (13/08/2021).

Kegiatan kontrol populasi hewan ini bekerjasama dengan salah satu yayasan dan PHDI Kabupaten Jembrana. Kegiatan sterilisasi dan kastrasi (pemandulan), vaksinasi rabies gratis untuk anjing dan kucing bertujuan untuk menekan kasus rabies di kabupaten jembrana dan populasi hewan khususnya anjing.

Karena hingga bulan Juli 2021 kasus gigitan anjing rabies di jembrana sudah tercatat 20 kasus. Jika dibanding dengan tahun lalu kasus rabies hanya 5 kasus saja.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan I Wayan Sutama mengatakan, kegiatan vaksinasi massal khusus vaksin rabies dilakukan di tempat dimana kasus gigitan anjing rabies sangat tinggi atau di daerah zona merah.

”Kegiatan pelayanan kesehatan hewan baik vaksinasi rabies dan kastrasi sekaligus sebagai perayaan HUT Kemerdekaan RI ke 76 dan HUT Kota Negara. Pelaksanaan ini bekerjasama dengan Yayasan Seva Bhuana dan PHDI Kabupaten Jembrana,” jelas I Wayan Sutama.

Kadis Sutama juga menambahkan, selama masa pandemi ini pihaknya mengalami kendala terkait pelaksanaan vaksinasi massal karena anggaran dipotong untuk penanggulangan covid-19 dan juga PPKM. Namun demikian khusus untuk daerah zona merah kasus gigitan anjing rabies pihaknya tetap melaksanakan vaksinasi.

Sementara salah satu warga mengatakan, kegiatan vaksinasi gratis ini sangat positif karena selain bisa mendapatkan vaksin secara gratis juga bisa bertemu dengan sesama pecinta kucing. 

”Mumpung ada vaksinasi dan sterilisasi gratis dari pemerintah maka saya jauh jauh dari membawa hewan pelihara,” ungkap Eka Wahyuni asal Desa Tegal Badeng Barat.

Dengan diselenggarakannya Vaksinasi Rabies, sterilisasi dan kastrasi (pemandulan) secara gratis untuk anjing dan kucing bisa menekan jumlah angka kasus rabies di Kabupaten Jembrana.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami