search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
497 Nakes di Jembrana Mulai Disuntik Vaksin Dosis Ketiga
Senin, 9 Agustus 2021, 00:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Direktur RSU Negara dr. Ni Putu Eka Indrawati.

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Kesehatan mulai melakukan penyuntikan dosis ketiga vaksin covid-19 khusus menyasar tenaga kesehatan. 

Sebelumnya Dinas Kesehatan sudah menerima pasokan vaksin buatan moderna yang akan disuntikkan kepada para tenaga kesehatan dari Propinsi Bali.

Ketika dikonfirmasi, Direktur RSU Negara dr. Ni Putu Eka Indrawati mengatakan, dosis yang ketiga ini diperuntukkan untuk Nakes yang pernah divaksin jenis sinovac, karena kemungkinan efektivitas vaksin yang ke 2 sudah memudar, berdasarkan banyaknya nakes yang terpapar lagi, walaupun sudah tervaksin terakhir tersebut.

"Nakes RSU Negara yang bisa divaksin berjumlah 497 orang dalam jangka waktu minggu ini. Jadi per harinya kita memvaksin sebanyak 70 orang. Yang tidak bisa divaksin sebanyak 120 orang itu ada yang penyintas, hamil dan ada yang baru ikut vaksin pertama, dan ada yang vaksin kedua," ungkapnya.

Terkait dengan efektivitas vaksin sinovac yang dianggap sudah menurun dan dilanjutkan dengan vaksin ketiga yang bernama vaksin moderna, hal ini dikhususkan untuk nakes terlebih dulu. Dikarenakan ujung tombak dari penanganan pasien covid adalah para nakes. 

Untuk kalangan umum atau yang lainnya mungkin nanti ada kajian tersendiri dari pemerintah.

 "Terkait efektivitas dari vaksin sinovac, menurut sepengetahuan saya sendiri, vaksin sinovac setiap bulannya efektivitasnya sampai 6 persen.

Kalau vaksin moderna yang baru ini efektivitasnya selama 6 bulan sampai 94 persen masih,” imbuhnya.

Selama dari bulan Juni, imbuh Eka, Nakes RSU Negara yang terpapar virus corona mulai dari dokter, perawat sampai dokter spesialis, keseluruhan mencapai 50 orang.

Editor: Robby Patria

Reporter: Jimmy



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami