search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bupati Artha Target Vaksinasi Nakes Tahap I Tuntas 4 Februari
Selasa, 2 Februari 2021, 00:00 WITA Follow
image

Photo: Bupati Jembrana I Putu Artha,  saat memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga medis di Puskesmas I Jembrana, Selasa (2/2/2021)

IKUTI BERITAJEMBRANA.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITAJEMBRANA.COM, JEMBRANA.

Bupati Jembrana menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga kesehatan di Jembrana bisa tuntas hingga 4 Februari 2020. Target itu untuk vaksinasi tahap I  diharapkan tuntas bertepatan dengan gebyar vaksinasi nasional. Selanjutnya, akan dilanjutkan dengan vaksinasi tahap kedua 13 Februari nanti yang menyasar masyarakat serta ASN dan TNI/Polri.

Pernyataan tersebut ditegaskan Bupati Putu Artha disela-sela pemantauan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga medis di Puskesmas I Jembrana  pada Selasa ( 02/02/2021) pagi. 

“Kita targetkan seluruh tenaga medis bisa tuntas diberikan vaksin 4 Februari ini. Karena itu saya pantau pelaksanaannya di Puskesmas sekaligus mengetahui sejauh mana hambatan dilapangan. Ini berlaku bagi semua SDM yang bekerja di fasilitas medis bisa divaksin. Terkecuali mereka yang tidak lolos screening kesehatan, “ ujarnya. 

Dari jumlah tenaga medis yang terdata sebanyak 1.765, Ia optimis target itu bisa tercapai. Setelah tenaga medis selesai, Artha  langsung membidik kelompok  masyarakat lainnya bisa segera divaksin.

“Kita lihat di masing-masing Puskesmas rata-rata dalam sehari mereka mampu layani vaksin 50 orang. Pada hari kedua saja sudah tercapai sejumlah 51,2 %. Untuk sisanya akan kita tuntaskan," sambung Artha. 

Dari pantauannya di Puskesmas I, Ia melihat proses screening memakan waktu paling lama. Tiap nakes yang divaksin diwajibkan memenuhi 16 syarat administrasi. Sebelumnya diawali dengan tes kesehatan seperti pengukuran tensi dan suhu tubuh. 

Di Puskesmas I Jembrana sendiri memiliki 240 orang target vaksin. Hingga hari ketiga pelaksanaan vaksin yang sedang berlangsung sudah tercapai 125 nakes. Saat kedatangan Artha ke Puskesmas I Jembrana, sedang dilayani sejumlah tenaga medis dari RS Swasta Bali Med.

“Pantauan saya tahap awal pelaksaann vaksinasi berjalan lancar. Tidak ada penolakan , hanya yang tidak lolos screening kesehatan. Pelayanan juga bagus bahkan sampai melebihi jam kerja pelayanan, “ kata Artha.  Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Jembrana dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwatha mengatakan vaksinasi di Jembrana sudah memasuki hari ketiga. Pelaksanaannya dipusatkan di 12 fasilitas pelayanan kesehatan, meliputi 10 puskesmas, 1 RSU dan pelayanan  dan klinik kesehatan Polres.

 “Hari ketiga ini kita  berharap sudah tuntas  75% . Sesuai target pak Bupati seluruhnya ( nakes ) tuntas tanggal 4 Februari nanti. Sedangkan pada tahap kedua bisa selesai 14 Februari nanti, kurang dari yang ditargetkan Provinsi Bali pada 21 Februari, “ papar Parwata. Parwata menambahkan  dari jumlah Nakes yang terdaftar ada yang tidak lolos screening kesehatan. 

“Kemarin di RSU ada tiga yang tidak lolos. Sementara di Puskesmas Jembrana I  hari ini ada enam orang yang tidak lolos. Kita berharap mereka bisa disertakan dalam vaksinasi susulan nanti. Jadi kita tunda dulu bagi yang tidak lolos, “ ujarnya. Dari data hari kedua kemarin, sudah tervaksin sejumlah 912 orang tenaga medis atau 51,2 %.

Editor: Robby Patria

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritajembrana.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Jembrana.
Ikuti kami